Home » Profil

Profil

Indonesia yang dibelah oleh garis khatulistiwa, telah dikaruniai Allah swt dengan sumber daya alam yang melimpah, yang siap dikelola oleh anak bangsa yang cerdas berhati mulia dengan optimal, efisien dan ramah lingkungan. Untuk mengelola potensi sumber daya alam ini diperlukan teknologi yang sepadan (appropriate technology) agar diperoleh produk layak pasar yang berkualitias tinggi, unggul dalam daya saing baik di tingkat nasional, regional maupun di pasar internasional dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Produk dengan karakteristik demikian ini hanya dapat diperoleh bilamana sistem industri yang diterapkan berjalan optimal sesuai dengan prinsip-prinsip operasional industri. Secara umum semua produk pertanian memiliki karakteristik yang mudah rusak (perishable) baik fisik maupun warna, memiliki resiko tinggi, dan sangat tergantung pada cuaca.

Dengan demikian untuk mengoptimalkan sistem industri berbasis pertanian (agroindustri)diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi pengetahuan, dan komitmen yang tinggi dalam mengoptimalkan Rahmat Allah berupa sumber daya alam. Kualifikasi pengetahuan dan komtmen ini merupakan modal dasar dalam mengembangkan industri pertanian yang berkelanjutan (sustainable agroindustrial system).

Pada dasarnya Agroindustri merupakan sebuah sistem industri (industrial system) yang berbasis pada ketersediaan sesumber (resources) merupakan sebuah resource based industry, yang ketergantungan terhadap komponen impornya sangatlah kecil. Diharapkan dengan penerapan agroindustri secara professional yang ditangani oleh kaum intelektual muda yang berhati mulia maka ketahanan pangan nasional akan dapat terwujud dengan tepat dan waktu yang tidak terlalu lama. Disamping itu dengan agroindustri yang berkelanjutan juga dapat meningkatkan martabat dan harkat petani sebagai pelaku pertanian di lapangan.

Untuk itu semua, Universitas Nahdlatul Ulama siap memfasilitasi keinginan masyarakat dan juga sekaligus mendukung program pemerintah dalam penciptaan ketahanan pangan nasional, dengan membuka program studi (Prodi) Agroindustri. Program studi Agroindustri akan menyiapkan lulusannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat industri secara umum serta berupaya menciptakan pekerjaan (wirausaha) sesuai dengan bidang studi yang ditekuni. Upaya ini dilakukan dengan menyusun kurikulum yang mengarah pada kompetensi lulusan yang handal, unggul dalam keilmuan dan dalam menangani industri berbasis pertanian.

E-LEARNING
E-LIBRARY