Home » Berita » Pelatihan Tenaga Kepemudaan Bidang Kedaulatan Energi

Pelatihan Tenaga Kepemudaan Bidang Kedaulatan Energi

WhatsApp-Image-20160601
Asisten Deputi Tenaga dan Peningkatan Sumberdaya Pemuda menggelar Pelatihan Tenaga Kepemudaan Bidang Kedaulatan Energi dengan mengambil tema Mewujudkan kedaulatan energi melalui pelayanan, penyadaran dan pemberdayaan pemuda yang berdaya saing. Senin (30/5) siang di Hotel Hariston, Jakarta.

Indonesia sebagai salah satu negara tropis memiliki sumberdaya alam yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi bahan baku energi baru dan terbarukan. Indonesia memiliki potensi sumber daya lahan, agroklimat dan sumber daya manusia yang memadai. Kondisi iklim tropis dengan curah hujan yang cukup, ketersediaan lahan yang masih luas, serta telah berkembangnya teknologi optimalisasi produksi dapat mendukung kelayakan pengembangan biofuel (bioenergi).

Biofuel adalah bahan bakar dari sumber hayati (renewable energy). Biofuel, apabila diartikan untuk pengganti BBM, maka biofuel merupakan salah satu bentuk energi dari biomassa dalam bentuk cair, seperti biodiesel, bioethanol dan biooil. Di Indonesia ada 49 jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Beberapa tanaman yang potensial sebagai penghasil bioenergi adalah kelapa sawit, kelapa, jarak pagar, kapas, kanola, dan rapeseed untuk biodiesel, serta ubi kayu, ubi jalar, tebu, sorgum, sagu, aren, nipah, dan lontar untuk bioetanol. Selain potensial sebagai penghasil bioenergi, beberapa komoditas tersebut, seperti kelapa sawit, kelapa, kapas, ubi kayu, tebu, dan sagu, juga merupakan komoditas sumber bahan pangan dan pakan.

“Bagaimana sekarang peran pertanian dalam mengangkat ketahanan energi” kata Menteri ESDM. Indonesia kaya akan sumberdaya alam, termasuk sumberdaya untuk energi baru dan terbarukan. “Oleh karena itu, pemanfaatan sumberdaya alam (pertanian) untuk energi menjadi bagian penting dalam mendukung ketahanan energi, tetapi tentu penanganannya jangan berbenturan dengan kebutuhan pangan” imbuh Menteri ESDM.

Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 30 Mei – 2 Juni 2016 di Hotel Hariston, Jakarta. Diikuti oleh 100 pemuda. Ikut hadir perwakilan mahasiswa UNUSIA yaitu Naila Asa Amalia dan Siti Maslaha Amania.
WhatsApp-Image-20160603


1 Comment

  1. Sukamto Javaladi says:

    Maju terus ya Naila Asa dan Siti Maslaha Amania; UNUSIA akan ikut berjaya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *